Syarat Pembuatan Paspor Dan Prosedurnya

Syarat pembuatan Paspor

Paspor adalah salah satu dokumen yang diperlukan ketika seseorang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor sendiri merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara. Di dalamnya memuat identitas pemegang dan masa berlaku dari paspor itu sendiri. Lalu apa saja syarat pembuatan paspor dan bagaimana prosedurnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Syarat Pembuatan Paspor

Sebelum membuat paspor hendaknya mengetahui syarat-syarat yang harus dipersiapkan dalam proses pembuatan paspor. Berikut beberapa syarat yang harus ada sebelum datang ke kantor imigrasi, antara lain :

1. Kartu Identitas

Salah satu syarat yang diperlukan untuk pembuatan paspor adalah kartu identitas berupa KTP dan fotokopinya. KTP harus berbentuk elektronik untuk memudahkan proses pembuatan paspor. Apabila KTP masih belum berbentuk elektronik maka harus diurus terlebih dahulu agar pembuatan paspor bisa segera diproses.

2. Kartu Keluarga

Selain kartu identitas berupa KTP, pendaftar juga harus menyertakan Kartu Keluarga baik yang asli maupun fotokopinya. Apabila terdapat perubahan baik itu status atau yang lainnya sebaiknya diurus terlebih dahulu. Hal ini karena akan mempengaruhi pada proses pembuatan paspor.

3. Berkas Pendukung Lainnya

Selain KTP dan KK, syarat yang harus dipersiapkan juga dalam pembuatan paspor adalah berkas pendukung. Dalam hal ini berkas pendukung tersebut mencakup akta kelahiran, ijazah terakhir, buku nikah atau surat baptis. Siapkan dokumen asli dan fotokopinya agar pembuatan paspor bisa segera diproses. Jangan lupa juga untuk membawa materai 6000 untuk menjamin kevalidan data dan bisa dipertanggungjawabkan apabila data yang diberikan tidak sesuai.

4. Biaya Pembuatan

Yang terpenting adalah menyiapkan biaya pembuatan paspor sebelum datang ke kantor imigrasi. Untuk pendaftaran paspor secara langsung biayanya jauh lebih murah yaitu kisaran Rp 350.000,- . Sedangkan untuk paspor yang dibuat secara online biasanya bisa mencapai Rp 650.000,-. Namun memang paspor online jauh lebih praktis karena tidak perlu mengantri sehingga harganya juga menjadi lebih mahal.

Prosedur Pembuatan Paspor

Setelah mengetahui syarat pembuatan paspor, maka ada baiknya mengetahui prosedur pembuatannya. berikut prosedur yang harus dipatuhi oleh setiap calon pendaftar atau pembuat paspor, diantaranya :

1. Datang Ke Kantor Imigrasi

Calon pendaftar harus datang ke kantor imigrasi dan mengambil nomor antrian. Disarankan untuk datang sebelum jam 12.00 siang agar masih bisa dilayani oleh petugas. Oleh karena itu sebaiknya datang pada pagi hari mengantisipasi antrian yang terlalu panjang. Untuk antrian manual biasanya hanya dibatasi hingga 200 orang saja.

2. Bawa Dokumen Yang Dibutuhkan

Jangan lupa untuk membawa semua dokumen persyaratan di atas ketika datang ke kantor imigrasi. Jangan lupa juga untuk mengambil dan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh petugas. Jika sudah segera ke loket pembuatan untuk menyerahkan formulir dan mendapatkan bukti tanda terima dan jadwal pengambilan sidik jari maupun foto.

3. Wawancara

Setelah menyelesaikan proses administrasi dan pengambilan sidik jari serta foto, calon pendaftar akan memasuki tahap wawancara. Pada sesi ini, petugas akan menanyakan negara dan tujuan pendaftar ingin berkunjung ke sana. Sembari wawancara, biasanya petugas akan mengecek dokumen asli dengan keterangan yang ditulis pada formulir pendaftaran.

4. Lakukan Pembayaran Dan Tunggu Hingga Paspor Diterbitkan

Setelah semua proses selesai, maka tinggal melakukan pembayaran di loket yang sudah disediakan. Selain itu pendaftar juga akan mendapatkan informasi mengenai jadwal paspor baru diterbitkan. Jika pendaftaran dilakukan pada pagi hari, paspor sudah bisa terbit di hari yang sama juga.

Itulah syarat pembuatan paspor dan prosedur yang harus ditaati oleh setiap calon pendaftar. Walau kini pembuatan paspor bisa dilakukan secara online, namun pendaftar harus tetap datang ke kantor imigrasi untuk mencetak paspor yang sudah didaftarkan.